Harga HP Samsung Galaxy S5 SM-G900 September 2014

Harga HP Samsung Galaxy S5 SM-G900 - Galaxy S5, kemunculannya sebagai suksesor Galaxy S4 telah ditunggu-tunggu para konsumen dengan harapan fitur dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Samsung mengklaim, smartphone unggulan terbarunya atau sering disebut flagsip ini akan lebih mengoptimalkan efisiensi kerja, dan keamanan, sambil memastikan kelangsungan bisnis Anda.

harga galaxy s5 + spesifikasi + review

Sekilas pandang Samsung Galaxy S5 SM-G900
Lain tahun, lain lagi smartphone flagship Galaxy S dari Samsung. Sejak dirilis untuk pertama kalinya seri Galaxy S padatahun 2010, Samsung telah secara rutin menyempurnakan formulanya melalui peningkatan pada perangkat keras, dan polesan perangkat lunaknya. Anda biasanya melihat layar yang lebih besar, core yang lebih banyak, megapixel yang lebih besar, baterai yang lebih besar, dan tambahan baru menarik pada setiap rilisnya, dan pada tahun 2014 Galaxy S5 tidak jauh dalam formula ini.

Dibagian perangkat kerasnya, Galaxy S5 hanya mendapatkan peningkatan yang bisa dibilang sedikit bila dibandingkan dengan flagship sebelumnya. Layar Super AMOLED telah diperluas menjadi 5,1 inci, tapi masih dibungkus dengan resolusi 1080p yang sama seperti sebelumnya. Snapdragon 600 SoC pada Galaxy S4 telah digantikan dengan Snapdragon 801. Sebuah kamera dengan resolusi 16 megapixel terlihat dibagian belakang, lengkap dengan kemampuan merekam 4K. Tidak ada perubahan yang besar, hanya perbaikan secara terus menerus di semua bidang utama.

Tapi bukan flagship namanya kalau tidak ada tambahan yang berarti. Setelah penerapannya pada iPhone 5s, Galaxy S5 juga memasukkan fitur pembaca sidik jari di atas tombol home, selain itu ada sensor detak jantung dibagian belakangnya. Smartphone ini tahan air dengan sertifikasi IP67, sehingga lebih tangguh dari sebelumnya.

Tidak ada yang meragukan dengan anggaran pemasaran besar-besaran Samsung akan membuat Galaxy S5 sangat sukses, tetapi dengan tekanan dari peningkatan performa HTC One M8, dan Sony Xperia Z2, Samsung akan merasa lebih sulit untuk menjadi pemenang mutlak dalam persaingan pasar smartphone Android.


Kelebihan Samsung Galaxy S5:
- Layar fantastis
- Kamera berkualitas tinggi
- Fitur dikemas
- Baterai yang sangat baik

Kekurangan Samsung Galaxy S5:
- Bukan smartphone tercantik untuk tahun 2014
- Sensor sidik jari rewel

Spesifikasi utama Samsung Galaxy S5:
- Kamera 16 megapixel
- Layar 5,1 inci Super AMOLED 1080p
- Android 4.4 dengan TouchWiz

Samsung Galaxy S5 dikenal sebagai:
Samsung SM-G900F untuk Eropa
Samsung SM-G900I untuk Asia
Samsung SM-G900K/G900L/G900S untuk Korea
Samsung SM-G900M untuk Vodafone
Samsung SM-G900A untuk AT&T
Samsung SM-G900T untuk T-Mobile

Diumumkan: Februari 2014
Dirilis: April 2014


Review Samsung Galaxy S5 SM-G900

Desain Samsung Galaxy S5:
Tidak banyak yang berubah pada bagian desain antara Galaxy S III (2012) dan Galaxy S5 tahun (2014). Plastik tetap, logam imitasi tetap, dan unsur-unsur khas Samsung seperti kamera menonjol, tombol fisik Home, dan sensor array menonjol juga tetap sama. Panel belakang dilepas, dan layar sedikit lebih besar pada setiap rilisnya.

Perubahan telah dilakukan, perubahan tersebut menjadi lebih baik. Perusahaan Korea Selatan ini akhirnya mendengarkan keluhan konsumen dan telah memilih bahan plastik pada covernya yang tidak terasa murahan, licin, dan mengerikan. Tekstur gaya baru terasa baik, dan memberikan sentuhan smartphone berkelas, yang dimana itu tidak dimiliki pada flagship sebelumnya.

[lihat tampilan Samsung Galaxy S5 disini]

Tapi itu masih plastik, tidak seperti Apple iPhone 5c dan HTC One M8 dengan aluminium, atau Sony Xperia Z2 dengan bahan kaca, yang tampak lebih kuat. Tepi logam palsu disekitar Galaxy S5 memberikan kesan yang buruk, karena itu terang-terangan hanya plastik.

Namun sejauh ini, smartphone ini memiliki desain yang terbaik dari keluarga Galaxy S. Tubuh Galaxy S5 sangat ergonomis, dengan kurva yang tampaknya dipahat untuk dicocokan dengan tangan manusia. Galaxy S5 bukanlah smartphone tertipis yang pernah ada, namun tetap ramping dengan ketebalan hanya 8,1 mm. Sedangkan bobotnya 145 gram.

Terdapat tombol fisik Home, serta pemindai sidik jari pada bagian atasnya, yang diapit dengan dua tombol sentuh kapasitif. Untuk tombol sentuh bagian kirinya yang asalnya tombol menu sekarang diganti dengan tombol recent app, yang jauh lebih bermanfaat, memungkinkan anda melakukan multitasking dan perpindahan aplikasi lebih cepat. Tombol lainnya, yang ada di sebelah kanan, terletak tombol Kembali. ini mungkin berlawanan dengan smartphone-smartphone Android lainnya, yang biasanya terletak disebelah kiri. Anda mungkin bingung untuk beberapa waktu jika Anda sebelumnya menggunakan perangkat non-Samsung.

Dibagian samping, Anda akan menemukan rocker volume di sisi kiri, dan tombol power di sebelah kanan, yang secara tradisi menempatkannya di lokasi yang paling nyaman. Tidak seperti smartphone terbaru lainnya, seperti Nokia Lumia 1520 dan HTC One M8, Anda tidak dapat melakukan double-tap untuk menghidupkan perangkat, tetapi Anda memiliki pilihan dengan menekan tombol fisik Home atau tombol Power.

Dibagian atasnya terdapat jack headphone 3,5 mm, ditambah LED inframerah yang memungkinkan Anda untuk mengontrol TV, set-top box, sistem home theater, dan banyak lagi. Sementara pada bagian bawah terlihat port microUSB 3.0 yang ditutupi flap. Mungkin ini cukup membuat Anda sedikit jengkel karena harus terus-menerus membuka flap setiap kali Anda ingin mengisi daya, tapi hal tersebut diperlukan karena adanya fitur baru, yakni tahan terhadap air.

Galaxy S5 adalah smartphone pertama yang dirilis Samsung yang tahan air. Sertifikasi IP67 yang dimilikinya menunjukan Galaxy S5 tahan terhadap air tawar hingga kedalaman satu meter dan selama 30 menit, serta tahan juga terhadap debu. Perlu dicatat, Galaxy S5 sama seperti smartphone tahan air lainnya, yakni tidak kebal terhadap air garam. Jika Anda berkeinginan untuk mencoba memasukkannya ke dalam air laut, mungkin akan berakhir dengan korosi, dan kerusakan pada komponen itnernalnya.

Saya tidak yakin tahan air merupakan fitur yang sangat penting untuk smartphone. Memang keren memiliki smartphone dengan kemampuan tersebut, mampu mengambil foto dibawah air, dan menjatuhkannya dikamar mandi tanpa khawatir, tapi saya sendiri sangat jarang berkeinginan untuk menggunakan smartphone saya dilingkungan yang basah. Ditambah lagi dengan layar sentuh kapasitif tidak bekerja dengan benar ketika basah, sehingga penggunaan S5 dikolam atau pancuran air akan terbatas.

Bagian belakang smartphone terlihat kamera sedikit menonjol dari bodi, dan dibawahnya terdapat sensor detak jantung, menyamping dengan posisi LED Flash. Lebih jauh dibawahnya, terdapat speaker tunggal.

Dibalik cover Galaxy S5 ada baterai berbentuk panjang dan ramping yang bisa dilepas, ditambah dengan slot microSD yang ditumpuk di atas slot microSIM. Disebelah kiri atas baterai terlihat berbagai pin terpapar, ini digunakan untuk Flip Cover Wireless Charging S-View.

Galaxy S5 dengan bentuk yang besar, memiliki kapasitas baterai 2800 mAh. Sedangkan perangkat dari Sony dan LG lebih unggul dengan kapasitas 3000 mAh, dalam perbandingan ukuran perangkat yang sama.

Salah satu fitur terakhir yang perlu disoroti adalah pemberitahuan LED yang tersembunyi, yang akan Anda temukan di pojok kiri atas. LED ini besar, warna-warna, dan cerah, sehingga Anda dapat dengan mudah untuk mengetahui jika ada pemberitahuan masuk. Terletak di sebelah speaker telepon, sementara speaker tersebut terletak di sebelah kamera yang menghadap kedepan.


Layar Samsung Galaxy S5:
Galaxy S5 mendapatkan peningkatan yang kurang signifikan pada bagian layarnya. S5 dibungkus dengan layar Super AMOLED seluas 5,1 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel (16:9), dan dengan kepadatan pixelnya hingga 431 ppi terbentang dengan area total 71,7 cm persegi.
Super AMOLED galaxy s5

Tidak seperti layar LCD, panel Galaxy S5 menggunakan matriks PenTile subpixel, yang artinya tidak akan ada merah, hijau, dan biru subpixel berdedikasi setiap pixelnya di layar smarpthone ini. Hal ini sebenarnya mengurangi resolusi dari panel, dan jika AMOLED yang dibawanya berasal dari tahun 2011, akan memberikan penampilan yang kasar. Untungnya teknologi layar yang digunakan untuk smartphone ini berbeda jauh, dan dengan kepadatan pixel tinggi, efek dari matriks PenTile hampir tidak terlalu mencolok.

Ketajaman dan kejelasan ditunjukkan dari panel Super AMOLED miliknya, yang sepertinya sesuai dengan apa yang diharapkan. Tipografi tipis terlihat sangat fantastis di layarnya, memberikan pengalaman menjelajah situs seperti melihatnya dari kertas. Kemampuan untuk melihat konten video 1080p selalu diterima.

Panel AMOLED yang telah saya gunakan selama beberapa tahun terakhir, seperti dalam perangkat Galaxy S4 dan Galaxy Note 3, hampir selalu selangkah dibelakang terhadap LCD kelas atas. Semua tidak bisa menyamai teknologi LCD dalam tingkat kecerahan, tingkat warna putih dan keseimbangan warna putih, visibilitas luar ruangan, dan akurasi warna. Tapi pada perangkat flagship terbarunya ini, layar Galaxy S5 selangkah lebih maju.

Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, layar AMOLED di Galaxy S5 membuat saya berkata "WAAW!". Terlihat banyak usaha yang dilakukan Samsung untuk meningkatkan kualitas layar AMOLED mereka. Sekarang panel mereka bersaing baik dengan LCD kelas atas seperti Super LCD 3 milik HTC One M8 dan Triluminios IPS milik Xperia Z2.
Super AMOLED galaxy s5

Warna-warna yang dihasilkan dari Galaxy S5 terlihat menakjubkan, dengan tingkat kejenuhan yang hanya dapat dicapai dari layar AMOLED miliknya. Tidak ada warna yang lebih pada suatu warna tertentu, namun menghasilkan gambar dengan warna cukup seimbang, terlihat fantastis.

Akurasi masih tidak begitu besar, seperti yang terlihat dari panel LCD milik Nexus 5. Terlihat kejenuhan yang meningkat, dan ada juga masalah dengan gamma yang sedikit terlalu tinggi. Namun Galaxy S5 masih terlihat hebat, hanya akurasi warna yang terpengaruh. Namun sebagian pengguna akan menerima atau bahkan tidak menyadari masalah ini.

Kontras dari panel AMOLED terlihat baik -- pada dasarnya kontras tidak terbatas, seperti panel ketika "off" menampilkan layar hitam pekat. Tentu ini juga membuat hitam pekat, bayangan luar biasa dalam, serta tingkat putih yang sama-sama baik.

Maksimum kecerahan layar Galaxy S5 ini tampaknya hanya sedikit lebih tinggi dari AMOLED sebelumnya, tetapi pembuatan panel telah diubah sedemikian rupa sehingga refleksi telah berkurang. Ketebalan bahan antara dioda pemancar cahaya dan panel depan Gorilla Glass telah berkurang, bersamaan dengan dipasangnya filter polarisasi diagonal benar-benar memungkinkan Anda untuk membaca tulisan pada layar dibawah sinar lampu atau sinar matahari yang terang.
Super AMOLED galaxy s5

Saya tidak melihat masalah dengan menggunakan layar sentuh Galaxy S5. Bagi Anda yang tinggal di daerah beriklim dingin, Anda akan senang mendengar bahwa ada pilihan untuk meningkatkan kepekaan sentuhan, memungkinkan Anda untuk menggunakan layar dengan sarung tangan. Ini memang bukan fitur baru, fitur ini sudah ada sejak smartphone Nokia Lumia 920.


TouchWiz Samsung Galaxy S5
TouchWiz kembali lagi, tapi ini tidak seperti biasanya. Dipasangkan kedalam Galaxy S5 dengan Android 4.4 KitKat, perbaikan dilakukan besar-besaran, menghapus beberapa elemen yang membuat TouchWiz begitu dibenci selama beberapa tahun terakhir. Namun terlepas dari itu, tidak semua software Galaxy S5 lancar.
touchwiz galaxy s5

Iterasi terakhir dari TouchWiz yang ada di Galaxy Note 3 terlihat dengan visual yang tidak menyenangkan. Gradien kacau, elemen datar, dan pilihan visual yang mengerikan berbaur dengan tampilan aplikasi-aplikasi bawaan seperti Play Store, Gmail, Google Now, dan Chrome.

Setiap aspek TouchWiz pada Galaxy S5 telah dirombak, dengan tampilan skin yang koheren, dan terasa disetiap halaman dan aplikasinya. Highlight tetap ada, tetapi gradien dibuang. Font terlihat lebih tipis, dan bagus, ikon juga diperbaharui dengan tampilan modern, dan beberapa item antarmuka ditingkatkan dengan tampilan baru melingkar.

TouchWiz memang terlihat jauh lebih baik dibandingkan dengan iterasi sebelumnya, tetapi masih tidak bisa mengintegrasikan dengan baik dengan item bawaan Android. Samsung juga tidak mengambil kesempatan untuk benar-benar memperbaiki tata letak antarmuka OS dan aplikasi yang disertakan.
touchwiz galaxy s5

Layarnya berupa apa yang Anda harapkan, dengan grid ikon 4x4 dan beberapa standar widget Samsung untuk digunakan. Fitur Flipboard memancarkan visual yang cukup bagus, tapi pada dasarnya BlikFeed yang ada di HTC lebih baik.

Pada bagian Layar Kunci, terlihat ada informasi cuaca, kebugaran, dan pemutaran musik, yang terintegrasi. Sementara itu, panel notifikasi masih termasuk sebagai panel bergulir. Pada panel tersebut terdapat tombol matikan cepat, ditambah dengan pengaturan kecerahan, serta tautan ke S Finder dan Quick Connect. Quick Connect sendiri adalah fitur yang berguna untuk berbagi konten dengan cepat dengan perangkat lain didekatnya, semetara S Finder adalah fitur pencarian yang sedikit lebih komprehensif daripada Google Search.

Fitur lain yang diunggulkan Samsung yakni S Voice. S Voice dapat diakses dengan cara menekan dual kali tombol Home. Jika dibandingkan S Voice dengan Google Voice Search, terungkap fitur milik Samsung jauh lambat dalam merespon, umumnya memberikan hasil yang kurang bagus, serta memiliki kesulitan dalam memahami beberapa aksen bahasa. Belum lagi dengan fitur Google Voice Seach dapat diaktifkan dengan mengatakan "OK Google" pada layar Home, sedangkan untuk S Voice Anda perlu secara fisik untuk mengaksesnya.

Sebagian besar aplikasi penting pada Galaxy S5, seperti Pesan, Kontak, File Saya, dan Kalkulator, identik dengan versi yang ditemukan pada smartphone Galaxy S sebelumnya, namun dengan penerapan skin yang baru. Fungsi dalam aplikasi-aplikasi tersebut masih cukup baik, dan tidak seperti ada yang kurang, ditambah desain visual yang diperbaharui membuatnya lebih menarik untuk digunakan.

Beberapa aplikasi ditingkatkan dari yang sebelumnya (Galaxy S4). S Planner tidak lagi berantakan. Perbaikan kecil juga telah dilakukan untuk Smart Remote, aplikasi yang digunakan untuk melihat panduan TV dan mengontrol peralatan media di rumah Anda, yang membuatnya lebih ramah untuk digunakan. Sementara itu, S Note telah dihilangkan pada Galaxy S5.

Untuk bloatware atau aplikasi bawaan yang biasanya tidak digunakan telah berkurang secara signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya. Samsung apps adalah salah satu aplikasi diantara bloatware lainnya. Bagian terburuk saat Anda ingin memperbaharui S Health dan S Voice harus melalui Samsung Apps, dan untuk melakukan itu Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu 'sumber instalasi yang tidak diketahui' dalam pengaturan perangkat. Ini adalah pengalaman pengguna yang buruk.

Aplikasi bloatware lainnya termasuk ChatON, Samsung Music Hub, dan Catch-Up TV hanya sebuah link download-nya saja.
touchwiz galaxy s5

Banyak aspek perangkat lunak dari Galaxy S5 yang dapat diterima, salah satu daerah yang jelas tidak diterima yakni pengaturan layar. Ada begitu banyak pengaturan subbagian disana yang terlihat konyol.

Hal pertama yang Anda ingin dilakukan ketika Anda mendengar suara pada setiap aksi adalah mematikan suara yang sangat mengganggu tersebut. Secara default, Galaxy S5 membuat berbagai suara dalam aksinya, tapi untungnya Anda dapat menghentikannya.

Browsing melalui browser bawaan akan menemukan fitur khas Samsung, termasuk kemampuan untuk mengubah mode layar, layar pencerminan, fitur operasi satu tangan, pesan keamanan, serta modus blocking untuk menolak panggilan dan menonaktifkan notifikasi dalam waktu tertentu.

Dalam pemilihan sempurna yang dilakukan Samsung, banyak fitur menarik perhatian telah dibuang dari Galaxy S5. Smart Stay sebagai fitur yang menggunakan kamera depan untuk mendeteksi mata Anda dalam melihat layar, merupakan satu-satunya fitur yang tersisa dari fitur Smart yang lain. Motion and gesture juga telah dibuang karena sudah ada Air View, yang sekarang benar-benar menjelaskan kapan dan dimana Anda dapat membawa jari Anda
di atas layar untuk mendapatkan informasi tambahan.

Multi-Window pada Galaxy S5 identik dengan perangkat Galaxy sebelumnya. Ketika diaktifkan, Anda dapat menekan tombol kembali beberapa saat untuk menampilkan tray aplikasi yang dapat dialokasikan menjadi setengah layar. Saya sendiri tidak begitu suka dengan kemampuan ini, karena layar yang tidak begitu besar, dan multi-tasking menggunakan aplikasi Recent sangat mudah. Namun ada beberapa kasus dimana itu bisa berguna, seperti ketika Anda ingin mengambil catatan dari sebuah halaman web.
touchwiz galaxy s5

Fitur multi-tasking lain yang baru di Galaxy S5 adalah Toolbox. Ketika Toolbox diaktifkan, lingkaran mengambang muncul pada layar dengan lima shortcut aplikasi yang bisa Anda sesuaikan dari dalam pengaturan. Bagusnya dengan fitur ini, Anda dapat dengan cepat mengakses aplikasi favorit seperti kamera saat Anda berada di aplikasi lain. Tapi sebenarnya dengan menggunakan menu aplikasi Recent saja atau mengambil tindakan Kembali ke layar Home sama cepatnya, dan tidak memerlukan lingkaran yang mengganggu layar Anda.

Pada bagian keypad, Galaxy S5 telah mendapatkan beberapa perbaikan. Prediksi teks tidak dinonaktifkan secara default, dan ini merupakan hal yang menyenangkan untuk sebagian orang. Mesin prediksi terasa buruk, tapi itu dapat digunakan. Untungnya pada Android, Anda dapat menginstal keyboad pihak ketiga, seperti aplikasi SwiftKey, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.


Sensor sidik jari & fitur kesehatan Samsung Galaxy S5
Salah satu fitur baru yang telah digembar-gemborkan adalah sensor sidik jari. Sensor ini terintegrasi dengan tombol home, dengan menyediakan fitur kemanan baru yang berorientasi. Sensor sidik jari bukanlah baru untuk smartphone, Motorola Atrix misalnya termasuk pembaca sidik jari di bagian tombol power. Namun dengan hadirnya pada iPhone 5S, Galaxy S5 mungkin bukan satu-satunya handset Android yang menyertakan sensor ini.

Pemindai sidik jari ini merupakan swipe-type, artinya Anda harus menggesekan jari Anda dari atas ke bawah sepanjang tombol Home. Sementara untuk Apple menggunakan sensor statis di iPhone 5s, yang hanya mengharuskan Anda untuk menekan jari Anda ke tombol Home. Anda mungkin bisa membedakan implementasi mana yang lebih baik hanya dari deskripsi (yakni iPhone 5s).

Penggunaan utama dari sidik jari pemindai Galaxy S5 ini adalah mengamankan smartphone, sama seperti Anda memilih untuk mengamankan melalui password, PIN, atau pola. Untuk mengamankan melalui disik jari, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan hingga tiga sidik jari melalui sejumlah gesekan di sensor. Anda juga harus mengatur password alternatif, kalau-kalau Anda tidak bisa membuka melalui sidik jari.

Tidak bisa membuka melalui sidik jari sering terjadi. Masalahnya tidak terkait dengan pemindai, tetapi metode pemindaiannya. Jika Anda tidak memiliki jari yang benar-benar rata, atau menggesekan dari tengah ke bawah itu tidak akan dianggap. Sikap ini sangat tidak wajar, dan cukup sulit untuk melakukan dengan benar tanpa menggunakan dua tangan.

Anda dapat menggunakan pemindai sidik jari ini untuk otentikasi pembelian di PayPal dan aplikasi lain yang mendukung Samsung API, pilihan yang sedikit lebih berguna. Diharapkan untuk kedepannya, aplikasi pembayaran seperti itu lebih mengintegrasikan unlock sidik jari.
S Health Galaxy S

Mungkin fokus terbesar dari Samsung Galaxy S5 adalah pusat kebugaran, untuk membantu Anda mendapatkan bentuh tubuh yang Anda inginkan. Alat kebugaran ini disebut sebagai S Health, yang dikembangkan dengan baik, dan penuh dengan fitur.
S Health Galaxy S
Untuk mengatur S Health, Anda harus memasukkan beberapa informasi tentang diri Anda, seperti tinggi dan berat badan, sebelum aplikasi memperkirakan BMI Anda. Aplikasi ini dapat menjadi alat motivasi.
\
Sebelah kanan dari layar awal S Health, Anda dapat melihat statistik kesehatan Anda untuk hari itu, termasuk berapa banyak langkah yang telah ditempuh, ditambah berapa banyak kilokalori yang telah dibakar dan dikonsumsi. Disana diinformasikan lebih lanjut, serta medali yang telah Anda terima. Medali diperoleh melalui tujuan yang telah diselesaikan.

Layar awal juga memiliki tiga link cepat ke S Health Tools, Pedometer Exercise, dan Heart Rate, yang juga dapat diakses melalui sidebar. Tools lainnya termasuk Weight dan Food, ditambah Anda dapat men-download aplikasi pihak ketiga untuk diintegrasikan dengan S Health seperti RunKeeper.
S Health Galaxy S

Pedometer tidak seperti Apa yang harapkan. Ketika Anda menekan tombol Start, aplikasi akan langsung menghitung berapa banyak langkah, dan menghitung seberapa jauh Anda telah berpergian, dan berapa banyak kalori yang telah terbakar. Jumlah langkah diintegrasikan ke dalam layar kunci, dan widget S Health yang selalu diperbaharui. Pelacak berat sama-sama sederhana, dan sama-sama fungsional, sudah jelas smartphone Anda tidak dapat menimbang, sehingga Anda menambahkan berat badan sendiri, lalu aplikasi memberitahu berapa banyak Anda telah kehilangan berat badan Anda.

Exercise tool adalah aplikasi pelacak aktivitas umum yang lebih komprehensif dengan kemampuan untuk memantau kegiatan berdasarkan jarak seperti berlari, berjalan atau bersepeda. Anda dapat memilih tujuan apa yang Anda inginkan, apakah itu jarak, waktu, atau kalori yang terbakar, dan pelacak akan menunjukkan jalan yang Anda ambil. Pelacak ini menunjukkan tiga statistik kunci dari beberapa yang dapat Anda pilih, termasuk langkah, kecepatan, ketinggian dan statistik khas seperti waktu dan kalori yang terbakar. Hal ini juga menghubungkan dengan aplikasi musik untuk memberikan kontrol yang cepat membuatnya menjadi alat latihan yang komprehensif.


Performa tenaga Snapdragon 801 Samsung Galaxy S5
Varian utama dari Samsung Galaxy S5 ini didukung dengan performa Qualcomm Snapdragon 801 Soc, lebih rincinya yakni MSM8974AC quad-core Krait 400 CPU dengan kecepatan 2,5 GHz, GPU Adreno 300 pada 578 MHz, DSP Hexagon QDSP6V5A, dan memori kontrol 32-bit dual-channel LPDDR3. Pada dasarnya SoC sama seperti yang ditemukan di HTC One M8 varian Asia, jadi jangan mengharapkan perbedaan besar dalam kinerja antara kedua perangkat tersebut.
Performa tenaga Snapdragon 801 Samsung Galaxy S5

Snapdragon 801 dipasangkan dengan RAM 2 GB LPDDR3, penyimpanan internal NAND 16 GB atau 32 GB, dan slot kartu microSD. Konektivitasnya terdiri dari LTE kategori 3 dengan kecepatan download hingga 150 Mbps, sedangkan upload hingga 50 Mbps. Anda juga akan menemukan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dengan 2x2 MIMO, Bluetooth 4.0, NFC, dan LED inframerah. Seperti yang ada pada Galaxy Note 3, pada Galaxy S5, port USB 3.0 terletak dibagian bawah.

Ulasan dalam performa ini akan berfokus pada model Snapdragon 801 (SM-G900F dan yang sejenis).

Dibawah ini dilihatkan perbandingan spesifikasi antara dua varian Galaxy S5, dan tiga varian utama Galaxy S4:
Spek Galaxy S5 G900F Galaxy S5 G900H Galaxy S4 i9506 Galaxy S4 i9505 Galaxy S4 i9500
Seri Galaxy S5 Galaxy S4
SoC Snapdragon 801 MSM8974AC Exynos 5422 Snapdragon 800 MSM8974 Snapdragon 600
APQ8064
Exynos 5410
CPU 4x Krait 400 @ 2.45 GHz 4x ARM Cortex-A15 @ 2.1 GHz + 4x ARM Cortex-A17 @ 1.5 GHz 4x Krait 400 @ 2.26 GHz 4x Krait 300 @ 1.7 GHz 4x ARM Cortex-A15 @ 1.6 GHz + 4x ARM Cortex-A17 @ 1.2 GHz
GPU Adreno 330
@ 578 MHz
ARM Mali-T628
@ 695 MHz
Adreno 330
@ 450 MHz
Adreno 320
@ 400 MHz
PowerVR SGX544MP3
@ 480 MHz
RAM 2 GB dual-channel
LPDDR3 @ 933 MHz
2 GB
dual-channel
LPDDR3
@ 800 MHz
2 GB
dual-channel
LPDDR3
@ 600 MHz
2 GB
dual-channel
LPDDR3
@ 800 MHz
Memori 16/32 GB internal + microSD
WiFi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.0
LTE Category 4 Tidak Category 4 Category 3 Tidak
Lainnya NFC, Infrared LED, MHL, GPS, HSPA+, 2G
Layar 5,1 inci1080p Super AMOLED 5,0 inci1080p Super AMOLED
Baterai 10,78 Wh (2800 mAh) 9,88 Wh (2600 mAh)
Kamera 16 MP 1/2.6” sensor with f/2.2 lens 13 MP 1/3.06” sensor with f/2.2 lens

Kinerja smartphone flagship Galaxy S5 dalam tugas-tugas dasar seperti membuka dan menutup aplikasi, multi-tasking, menyalakan smartphone, dan menggunakan aplikasi sederhana sangat cepat berkat Snapdragon 801. Ini pada dasarnya cerita yang sama seperti yang bisa dilihat dari generasi terakhir.

Kekuatan Snapdragon 801 tidak membantu tugas-tugas yang lebih intens seperti browsing web, penyuntingan dan pengolahan gambar, serta game. GPU Adreno 330 sangat mampu memainkan game 1080p tanpa kesulitan, meskipun game kelas tinggi seperti Grand Theft Auto: San Andreas terlalu kuat untuk berjalan pada pengaturan grafis maksimal. Ini hanyalah salah satu contoh, meskipun sebagian besar permainan berjalan tanpa hambatan di Galaxy S5.

Berikut ini hasil benchmark dari Samsung Galaxy S5:
benchmark mozilla kraker galaxy s5
benchmark vellamo 2.0 galaxy s5

benchmark futuremark peacekeeper 3.0 galaxy s5

benchmark gfxbench 3.0 galaxy s5

benchmark 3dmark galaxy s5

benchmark gfxbench galaxy s5
benchmark NAND performance galaxy s5

benchmark NAND performance galaxy s5
Galaxy S5 mendukung WiFi 802.11a / b / g / n / ac dengan 2x2 MIMO, sehingga memudahkan Anda untuk melalukan konten streaming ke dan dari handset. Anda akan mendapatkan kinerja lebih baik jika memiliki router 802.11ac. S5 juga sarat dengan Bluetooth 4.0, A-GPS + GLONASS, dan NFC -- semua bekerja dengan baik.

LTE dengan kategori 4 dapat mendownload hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps, dimasukkan bersamaan dengan HSPA+. Samsung juga telah mengemas fitur download booster, yang dapat menggabungkan jaringan WiFi dan LTE. Ini adalah fitur berguna jika Anda ingin mempercepat download file yang besar, dan tampaknya ini bekerja dengan baik.

Penyimpanan Galaxy S5 dilengkapi dengan baik, sebesar 16 GB atau 32 GB, yang dilengkapi dengan slot kartu microSD yang dapat menampung hingga 128 GB. Dalam model 16 GB, Anda hanya dapat menggunakan 11 GB-nya, jadi jika Anda ingin menyimpan musik atau video dengan jumlah yang lebih banyak pada perangkat, Anda mungkin dapat memanfaatkan slot kartu microSD yang tersedia.

Galaxy S5 juga memiliki port microUSB 3.0 dibagian bawah cover, dengan memfasilitasi kemampuan transfer yang lebih cepat dari penyimpanan internal. Namun sayangnya, berbeda dengan Galaxy Note 3, di Galaxy S5 tidak terlihat ada keuntungan ketika menggunakan USB 3.0.
benchmark USB performance galaxy s5


Kamera Samsung Galaxy S5
Kamera yang ada di Galaxy S5 mendapatkan peningkatan tambahan dari Galaxy S4, bergerak dari sensor 13 megapixel menjadi 16 megapixel. Sensor yang dimaksud adalah Samsung S5K2P2XX CMOS dengan teknologi ISOCELL. Akhirnya Samsung kembali menggunakan sensor kamera sendiri, tidak seperti pada Galaxy Note 3 dan Galaxy S4 yang menggunakan sensor Sony Exmor RS.

S5K2P2XX adalah sensor dengan ukuran 16 megapixel 1/2,6 inci dengan aspek rasio 16:9, resolusi penangkapan 5312 x 2988, dan ukuran pixel 1,12 µm. Pergeseran dari 13 MP ke 16 MP pada dasarnya hanya untuk mengisi resolusi tambahan yang diperlukan untuk membuat foto native 16:9. Foto jepretan Galaxy S5 memiliki tinggi pixel yang hampir sama dengan aspek ratio 4:3 pada Galaxy S4, meskipun jepretan S5 menghasilkan 1000 piksel lebih luas.

Samsung mengklaim dengan penggunaan CMOS, Galaxy S5 dapat mengurangi crosstalk antara pixel sebesar 30 persen dibandingkan dengan sensor BSI konvensional.

Lensa yang digunakan pada Galaxy S5 sepanjang 4,8 mm, yang setara dengan panjang fokus 35 mm, dan memiliki aperture f/2.2. Tidak ada Optical Image Stabilization (OIS) di smartphone ini, juga bukan dengan lensa yang terbuka lebar, dimana kedua faktor ini akan memiliki efek pada kecepatan rana.

Untuk kamera yang menghadap ke depan, Galaxy S5 dipasang dengan ukuran 2 megapixel. Fitur yang dimilikinya sama, yakni dengan ukuran pixel 1,12 µm dan sensor berukuran 1 / 7,3 inci. Kamera ini menangkap gambar hingga 1080p (1920 x 1080) 16:9 melalui lensa dengan f/2.0 aperture.

Kamera Galaxy S5 ini tidak membawa kejutan dalam hal kualitas gambar. Layaknya Galaxy S4 dan Galaxy Note 3, kamera melakukan dengan sangat baik dalam pencahayaan sangat kuat, tetapi tidak cukup baik ketika digunakan pada situasi cahaya rendah.

Ketika kondisi yang tepat, Anda bisa mendapaptkan beberapa gambar yang benar-benar spektakuler dari kamera 16 megapixel Galaxy S5 ini. Reproduksi warnanya patut dicontoh, rentang dinamis memungkinkan hasil yang tebaik pada kamera smartphone, sementara gambar-gambarnya cukup tajam terlihat mendetail dengan resolusi penuh.
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (6)]

Saya melihat beberapa perilaku menarik ketika memotret dalam mode otomatis. Dalam kondisi pencahayaan yang baik, ISO serendah 40 menghasilkan kecepatan rana yang cepat. Setelah mencapai ISO 50, kecepatan rana mulai melambat hingga mencapai 1/33 detik.
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (7)]
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (8)]
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (9)]
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (10)]

OIS tersebut merupakan implementasi menarik karena hanya aktif ketika Galaxy S5 mendeteksi cahaya redup, seperti ketika Anda berada di sebuah ruangan gelap atau di malam hari. Dalam situasi ini, dibutuhkan jauh lebih lama dalam mengambil foto. Lebih menariknya foto yang diambil dengan menggunakan stabilizer akan lebih terang dan hanya sedikit buram.
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (11)]
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (12)]
[lihat contoh foto dengan kamera Galaxy S5 (13)]

Seperti pada model yang sebelumnya, Galaxy S5 hadir dengan modus HDR yang fantastis, berkat perbaikan pada perangkat lunak, kamera, dan SoC. Modus HDR sekarang lebih cepat dari sebelumnya, sementara kualitasnya sama baiknya.
hasil foto modus HDR galaxy s5

Selain modus HDR, Samsung telah memasukkan fitur baru yang disebut dengan Selective Focus, yang mencoba meniru fitur HTC Dua Kamera. Bila Anda memiliki subjek yang berada sejauh 50 cm dari kamera, mode ini akan mengambil dua gambar, satu dengan fokus pada subjek, dan satunya lagi fokus pada latar belakang. Melalui kombinasi deteksi kedalaman, dan simulasi bokeh, kamera Galaxy S5 memberikan penampilan DSLR.
hasil foto Selective Focus Galaxy S5

Dalam aplikasi Gallery Galaxy S5, Anda dapat kembali dan mengubah fokus ke salah satu dari tiga preset: near, far, atau pan; tetapi tidak memiliki fleksibilitas, akurasi, dan kualitas keseluruhan dari solusi HTC dua kamera.

Galaxy S5 tidak memiliki modus manual fantastis seperti pada HTC One M8 atau Nokia Lumia, tetapi memiliki setingan array yang layak. Segala sesuatu dari mode pengukuran seperti white balance, dan efek-efek dapat disesuaikan melalui satu panel, dan ada juga beberapa mode pemotretan lainnya. Mode pemotretan yang tersedia pada Galaxy S5 telah benar-benar berkurang dan terkondensasi dengan banyak yang digabung menjadi modus Shot & More.

Samsung telah membuat kesepakatan yang bagus dalam fokus dan waktu shutter di kamera Galaxy S5 ini. Saya sendiri senang dengan kecepatan Galaxy S5 di kedua tugas tersebut. Terasa lebih cepat pada fokus, terutama ketika dibandingkan dengan handset flagship lainnya, misalnya dengan HTC One M8.

Dalam perekaman video, Galaxy S5 mampu menghasilkan video hingga 3840 x 2160 pixel (4K Ultra HD) pada 30 frame per detik, yang memberikan hasil yang fantastis. Setiap frame terlihat sama baiknya, resolusi penuh dengan sangat baik, dengan warna-warna yang akurat dan jangkauan dinamis yang besar.
Rekaman dalam 4K membutuhkan banyak ruang penyimpanan, karena Samsung menggunakan profil tinggi H.264 pada 48 Mbps, seperti video diatas berukuran 303 MB, padahal hanya 52 detik, jadi hati-hati saat pengambilan video dalam mode ini. Standar video 1080p30 dikodekan dalam 17 Mbps, yang merupakan lebih rendah dibandingkan perangkat lain (20 Mbps), sementara 1080p60 direkam pada 28 Mbps.

HDR video pada Galaxy S5 hasilnya fantastis, ini berkat adanya modus HDR near-real-time yang mengurangi efek bayangan.

Terdapat juga modus menarik dalam perekaman video Galaxy S5, termasuk Fast Motion, dan Slow Motion. S5 memungkinkan Anda untuk merekam 2x, 4x, atau 8x lebih lambat dari kehidupan nyata. Kualitas yang dihasilkan lumayan.



Baterai Samsung Galaxy S5
Daya tahan baterai Samsung Galaxy S5 sangat baik. Alasannya ada dua: Pertama, Galaxy S5 memiliki baterai berkapasitas 2800 mAh, yang jelas akan memperpanjang waktu pemakaian. Kedua, Galaxy S5 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 801, yang membuatnya lebih efisien, dan menjaga baterai tidak mudah terkuras. Selain itu, layar yang dipasangnya lebih efisien dibandingkan dengan layar milik Galaxy S5.

Dalam pengujian baterai dengan memainkan video yang berdurasi 90 menit, dengan layar cerah, Galaxy S5 hanya mengalami penurunan sebanyak 16 persen. Ini sebanding dengan iPhone 5S yang memiliki prosesor lebih lambat, ukuran layar dan pixel yang lebih kecil. Sedangkan untuk HTC One M8, smartphone yang disebut bagus untuk daya tahan baterai terjadi penurunan yang lebih besar, yakni 23%. Anda dapat melihat sendiri, Galaxy S5 mendapatkan hasil yang lebih baik. Modus hemat daya normal, dan modus hemat daya ultra-pun bekerja dengan cukup baik.




Spesifikasi Samsung Galaxy S5 SM-G900
Spesifikasi Samsung Galaxy S5 SM-G900

Jaringan:
- GSM, 3G, HSDPA, LTE

Chipset:
- Prosesor quad-core 2,5 GHz Qualcomm Snapdragon 801

Spesifikasi fisik:
- Dimensi: 142 x 72.5 x 8.1 mm
- Berat: 145 gram

Lokasi:
GPS, Glonass, Beidou

Sistem Operasi:
Android 4.4.2 KitKat

Kamera:
- Belakang: 16 MP (1/2.6”, Phase Detection AF)
- Depan: 2.0 MP (1920 x 1080, Wide-angle lens)
- HDR (Rich tone), Selective Focus, Virtual Tour Shot

Konektivitas:
- WiFi : 802.11 a/b/g/n/ac VHT80, MIMO(2x2)
- Download Booster (LTE + WiFi simultaneous reception)
- NFC, Bluetooth®: 4.0 BLE / ANT+
- USB 3.0
- IrLED

Layar:
- Super AMOLED
- 16 juta warna
- 5,1 inci
- 1080x1920 pixel

Sensor:
Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, gesture, heart rate

Baterai:
- 2000 mAh Li-Ion
- Siaga hingga 390 jam
- Bicara hingga 21 jam

Audio:
- Audio codec: MP3, AMR-NB/WB, AAC/ AAC+/ eAAC+, WMA, Vorbis, FLAC
- Format audio: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA

Video:
- UHD@30fps, HDR, video stabilization
- Video Codec: H.263, H.264(AVC), MPEG4, VC-1, Sorenson Spark, MP43, WMV7, WMV8, VP8
- Format video: MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM

Fitur tambahan:
IP67 certificated Dust & Water Resistant, Emergency Mode, Ultra Power Saving Mode, S Health, Quick Connect, Private Mode, Kids Mode

 Lihat spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S5 SM-G900 [link Evernote]



Gambar Samsung Galaxy S5 SM-G900 disimpan di Evernote [untuk lihat, klik disini] & [klik disini] & [klik disini]


Harga HP Samsung Galaxy S5 SM-G900 September 2014
Harga baru Samsung Galaxy S5Rp 7.250.000,-
Harga bekas Samsung Galaxy S5Rp 6.600.000,-
Title : Harga HP Samsung Galaxy S5 SM-G900 September 2014
Description : Harga HP Samsung Galaxy S5 SM-G900 - Galaxy S5 , kemunculannya sebagai suksesor Galaxy S4 telah ditunggu-tunggu para konsumen dengan harapa...